Thursday, April 24, 2014

[Review] Haru no Tabi - Ghyna Amanda Putri

Judul: Haru no Tabi

Penulis: Ghyna Amanda Putri

ISBN13: 9786022790013

Penerbit: de TEENS

Jumlah halaman: 184

Tanggal terbit: 17 Juni 2013

Rating: 3/5






Toshi tahu inilah yang akan terjadi. Ia adalah pengkhianat, pembohong-- manusia licik yang membiarkan seorang gadis berharap banyak padanya, namun tak ada satu pun hal yang bisa ia lakukan. Dirinya tak bisa membawa Hisa terus dalam perjalanan ini, ia tak cukup kuat untuk menjaga gadis itu... p-168

Hisa nekat kabur dari sekolah demi menguntit Toshi, kakak kelas semasa SMA yang sangat dipujanya. Walaupun Toshi merasa kesal pada gadis itu, akhirnya Toshi merelakan gadis itu untuk ikut dalam perjalanannya menuju Okinawa, melewati beberapa tempat menarik di Jepang.

Namun, ternyata ada satu hal yang membuat Toshi merasa tak mampu menjaga Hisa. Satu hal yang membuat Toshi berpikir bahwa seharusnya Hisa memang tak perlu ikut dalam perjalanan ini.

Mampukah mereka sampai ke Okinawa dengan selamat?

***

"Dengan selamat"? Oh plis Wen, ini lebay amat -_-

Novel ini menjadi salah satu pemenang dalam #lombanoveljepang2013. Melihat novel ini ada di antara rerimbunan teenlit de TEENS lain, entah kenapa aku tertarik untuk mencomotnya satu. Mungkin karena covernya yang emang menarik, mungkin karena fakta bahwa novel ini habis menang lomba, mungkin juga karena aku emang lagi cari novel yang agak ke-Jepang-Jepang-an. Tapi yang jelas, aku emang tertarik sama sinopsisnya yang entah kenapa bikin penasaran.

"Kau tahu? Saat melakukan perjalanan denganmu dulu, aku menyesali satu hal. Aku menyesal karena diriku tak cukup kuat untuk bisa menjagamu. Andai aku bisa membawamu ke mana saja..."

Oh, tapi aku nggak semudah itu dong ngeluarin uang buat beli buku (emang dasarnya lo pelit aja sih -_-), apalagi aku agak nggak sreg sama buku-buku terbitan penerbit ini. Takutnya kalau udah beli, eh bukunya jelek gimana? Apalagi bukunya tipis banget. Tapi aku tetap beli sih (oke ini labil).

Terus?

Setelah aku baca buku ini sampai tuntas, aku memutuskan kalau aku menyukainya dan aku nggak menyesal telah membeli buku ini. Bahkan aku beli lagi buat aku bagiin pas GA Hop BBI kemarin.

Kenapa?

Hmm, aku merasa teenlit terbitan penerbit ini punya gaya bahasa yang hampir sama sih, entah kenapa. Kalian ngerasain hal yang sama kayak aku nggak sih? Gaya penceritaan teenlit mereka hampir mirip, gaya bahasanya ya hampir kayak gitu semua, siapapun penulisnya. Atau ini hanya perasaanku aja ya? Entahlah.

Begitu juga dengan novel ini, gaya bahasanya ya hampir kayak gitu. Gaya bahasa yang menurutku menarik dan membuatku bisa mengikuti alurnya dengan baik.

Yang aku suka dari novel ini adalah cara penulis menggambarkan latarnya. Settingnya kuat, dan bisa dengan mudah diikuti alurnya. Namun aku merasa karakter-karakter dalam novel ini masih agak ngambang. Aku belum ngeh sebenarnya Hisa ini anaknya kayak apa. Kalau Toshi, aku cuma bisa menangkap kalau dia ini cowok yang belum bisa dikasih tanggung jawab. Hahaha (?)

Ada spoiler di bawah sini (aku tulis pake warna putih). Kalo belum baca, jangan blok.
Sebenarnya kuliah kedokteran di Jepang berapa lama sih? Aku heran aja kenapa dalam waktu 5 tahun Toshi bisa jadi dokter. Bahkan kalo dia kuliah kedokteran di Indonesia, mungkin koasnya belum kelar.

Oh ya, kayaknya ada beberapa istilah Jepang yang kelupaan nggak disebutin artinya di catatan kaki.

Typo? Ada, sedikit. Tapi untuk ukuran teenlit terbitan penerbit ini typonya nggak terlalu banyak kok :)

Kayaknya sang penerbit harus berterima kasih pada Ghyna Amanda Putri. Karena berkat penulis ini, aku berniat untuk mencari teenlit terbitan de TEENS lagi :D

No comments:

Post a Comment

Komentarmu, bahagiaku ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...