Tuesday, May 31, 2016

Masalah Utama dalam Meningkatkan Minat Baca: Akses dan Harga


Hari Buku Nasional (17 Mei) memang sudah lewat, tapi rasanya belum terlalu terlambat untuk mengucapkan Selamat Hari Buku Nasional buat kamu, yang selalu mencintai jendela-jendela dunia.

17 Mei kemarin, banyak isu yang digembar-gemborkan tentang betapa rendahnya minat baca masyarakat kita. Survei yang dilakukan oleh Central Connecticut State University, misalnya, memberikan peringkat 60 bagi Indonesia dari 61 negara perihal tingkat literasinya. Sementara data yang dikeluarkan oleh UNESCO menyebutkan bahwa indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya mencapai 0,001 (berarti dari 1000 orang, hanya 1 yang memiliki minat baca). Jangan tanyakan padaku bagaimana metode penelitian mereka, aku belum baca artikelnya, baru lihat hasil akhirnya aja. Ada yang bersedia memberikan link artikelnya padaku?
*males nyari. laptop isinya artikel skripsian semua* *dibantai pembaca blog*

Aku nggak bermaksud buat meneliti apakah data-data itu benar atau nggak, karena sudah kusimpan hasrat penelitianku buat disalurkan di bab III skripsi aja. Kali ini, aku lebih berminat untuk mencari tahu masalah apa yang melatarbelakangi rendahnya minat baca masyarakat kita.

*kenapa bawa-bawa latar belakang, Wen?*

Monday, May 30, 2016

[Review] Hujan Punya Cerita tentang Kita - Yoana Dianika



Judul: Hujan Punya Cerita tentang Kita

Penulis: Yoana Dianika

Penerbit: Bukune

ISBN139786022200413

Jumlah halaman: 278

Tanggal terbit: 17 April 2012

Tanggal baca: 29-30 Mei 2016

Rating: 2/5


"...Aku ingin kau tahu, diam-diam, aku selalu menitipkan harapan yang sama ke dalam beribu-ribu rintik hujan: aku ingin hari depanku selalu bersamamu..."

Sunday, May 29, 2016

Sunday Morning: Buku Original, Bekas, atau Bajakan?



Hai, pembaca Widy Bookie! Selamat Minggu pagi!


Post kali ini adalah postingan terjadwal. Ketika post ini muncul di blog, mungkin si empunya blog lagi ngendon di dalam kamar kos atau nggelandang di kampus mencari pundi-pundi wi-fi demi sebentuk proposal skripsi. Atau, kalau rencana pulang kampung si empunya blog kesampaian, ia sedang bermain dengan keponakannya yang paling unyu dan jauh dari sinyal internet. Hidup memang penuh misteri, ya?

Tulisan apa yang bakal kulabeli Sunday Morning?
  • Tulisan yang aku post di hari Minggu pagi (namanya juga Sunday Morning kan?).
  • Berisi tentang pendapat pribadi, pengalaman pribadi, pemikiran pribadi, pokoknya hal-hal yang berhubungan dengan yang pribadi-pribadi.
Nah, kali ini aku mau banyak bahas tentang macam-macam buku cetak:

original (baru), bekas, atau bajakan.

Wednesday, May 25, 2016

Bagaimana Menjadi Blogger Buku Seutuhnya


Kamu blogger?


Ada beberapa jenis blog di dunia ini, tapi aku pribadi membagi blog hanya menjadi dua macam: blog yang punya tema, dan blog yang isinya macam-macam, kayak mie ayam bakso biasa plus bakso kering tambah ketupat (ya, aku kemudian lapar).

Ada banyak jenis blog bertema, ada beauty blog, blog tutorial SEO, dan segala macam. Tapi hatiku berlabuh pada tema blog buku.

Ingin seperti Dee yang berhasil memadukan passionnya pada musik dan tulisan dalam sebuah karya bertajuk Rectoverso, aku ingin pula menggabungkan minatku pada dunia blogging dan membaca pada sebuah Widy Bookie.

Aku pengen punya blog buku juga kayak kamu, jadi dari mana aku harus memulai?

Monday, May 23, 2016

[Review Film] Remember When: Ketika Kau dan Aku Jatuh Cinta

Remember When: Ketika Kau dan Aku Jatuh Cinta

Genre : Drama, Romance, Friendship
Directed by : Fajar Bustomi
Producer : Gope T. Samtani
Production : Rapi Films
Script Writer : Haqi Ahmad
Run time : 90 minutes
Date : October 16th, 2014

NB: maafkan kalau saya udah lama nggak ngepost, salahkan proposal skripsi saya.

Remember When adalah film bergenre romance remaja yang diadaptasi dari novel Winna Efendi yang berjudul sama. Aku udah sempat baca novelnya dan udah kureview juga, jadi aku tertarik untuk mereview film ini setelah aku menontonnya.

Sunday, May 15, 2016

[Review] Dia, Tanpa Aku - Esti Kinasih


Judul: Dia, Tanpa Aku

Penulis: Esti Kinasih

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 9786020317595

Jumlah halaman: 280

Tanggal terbit: 25 Juni 2015
(Januari 2008 untuk cetakan pertama)

Tanggal baca: 8-10 Mei 2016

Rating: 2/5

Dulu Ronald hanya bisa melindungi Citra dengan berdiri untuk menutupi. Tidak bisa lebih. Sementara kini, Reinald tidak bisa hanya seperti itu karena Citra mengenalinya.

Sunday Morning: How I Rate Books


Minggu pagi, masih terlalu pagi untuk mengatakannya sebagai Minggu pagi (saat aku menuliskan ini). File calon proposal skripsi masih nganggur di balik jendela Google Chrome, dan aku malah ngeblog. Ya abaikan aja sih, belum apa-apa kok udah curhat.

Jadi apa itu Sunday Morning (atau orang sering menyebutnya Sunmor -baca: sanmor-)?
Kalau kamu anak Jogja atau pernah tinggal di Jogja, apalagi pernah jadi warga UGM, kamu bakal tahu tentang pasar dadakan di sepanjang Jalan Olahraga yang cuma diadakan setiap Minggu pagi (entah jam berapa mulainya) sampai sekitar jam dua belas siang ini. Kamu bisa menemukan banyak barang dijual di Sunday Morning, termasuk buku seharga sepuluh ribuan all item. Ya tapi buku yang dijual di sini emang bukan tipikal buku yang harganya lebih dari sepuluh ribu sih.

Apa hubungannya blogmu sama Sunmor, Wen?
diada-adain

Aku pengen memberikan label baru untuk beberapa posting di blogku dengan Sunday Morning.

Jadi, kenapa aku melabeli tulisanku kali ini dengan Sunday Morning? Karena aku selalu menunggu hari Minggu yang nggak ada latihan marchingnya dan nggak ada bakti kampus dadakan di hari buruhnya ditoyor rektor biar aku bisa ke Sunmor, walaupun Sunmor sebenarnya isinya itu-itu aja. Aku pengen, nanti semua tulisanku yang berlabel Sunday Morning juga ditunggu-tunggu pembaca (ya, walaupun sebenarnya isinya gitu-gitu aja).

Tulisan apa yang bakal kulabeli Sunday Morning?

  • Tulisan yang aku post di hari Minggu pagi (namanya juga Sunday Morning kan?).
  • Berisi tentang pendapat pribadi, pengalaman pribadi, pemikiran pribadi, pokoknya hal-hal yang berhubungan dengan yang pribadi-pribadi.
Nah, lapak Sunmor yang kugelar hari ini adalah tentang

bagaimana aku merating buku yang kubaca.

Sunday, May 8, 2016

Film Adaptasi yang Ditunggu di Tahun 2016 (Always Update)



Jadi, gimana rasanya nonton Civil War dan Ada Apa dengan Cinta 2? Suka nggak sama filmnya?

Jadi, yuk mari kita move on dan kita lihat film adaptasi novel Indonesia yang akan segera tayang di bioskop kesayangan kita semua tahun 2016 ini ^^

Saturday, May 7, 2016

Top 3 Most Wanted Boyfriend from Orizuka's Novels


Alloha!

Kalau kalian perhatikan siapa juga yang mau merhatiin, Wen, akhir-akhir ini aku lagi banyak baca karya-karya Orizuka. Karena, ya aku harus mengakui kalau untuk urusan fiksi remaja, aku memang mengidolakan penulis yang satu ini. Alur yang nyaman untuk dinikmati, karakter yang kuat, dan gaya bahasa yang menarik membuat kualitas tulisan Orizuka jempolan.

Ngomong-ngomong soal karakter yang kuat, Orizuka memang jago bikin karakter-karakter yang loveable, terutama karakter cowoknya. Banyak karakter cowok yang minta dipacarin banget!

Nah, dari sekian banyak karakter yang minta dipacarin (dan novelnya udah kubaca wk), ada tiga karakter yang amat sangat sungguh benar-benar minta dipacarin versi Wenny Widy. Ya udah yuk langsung cekidot:

Friday, May 6, 2016

[Review] Our Story - Orizuka


Judul: Our Story

Penulis: Orizuka

Penerbit: Authorized Books

ISBN13: 9786029689419 

Jumlah halaman: 240

Tanggal terbit: Desember 2010

Tanggal baca: 29-30 April 2016

Rating: 5/5  
--perfecto^^

Selama hidupnya, ia selalu dikelilingi pecundang.... Semua orang yang ia kenal, satu per satu berubah menjadi pecundang dan mengkhianatinyaSemua orang.

[Review] Meet The Sennas - Orizuka


Judul: Meet The Sennas

Penulis: Orizuka

Penerbit: Noura Books

ISBN: 9786027816664

Jumlah halaman:364

Tanggal terbit: Januari 2014

Tanggal baca: 29 April 2016

Rating: 3/5

"Aku benar-benar beruntung. Punya paman pengangguran, tante delusional, adik suka ikut campur urusan orang, kakak gay, guru privat pasangan gay kakakku... apa lagi yang harus aku punya? Pacar seekor simpanse? Kurasa itu pun akan dianggap biasa di rumah ini."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...